seudati, tarian aceh

Tarian Aceh Populer, Tiap Daerah Punya Khas!

Tarian Aceh yang mudah dipelajari salah satunya adalah tari saman, tapi jika kita telisik lebih dalam ternyata tidak kurang dari 184 nama tarian tradisional yang semuanya tersebar dari daerah kabupaten hingga kota. Tari tradisional Aceh sendiri adalah salah satu seni tari yang menonjol di Indonesia. Bahkan, beberapa tarian dari Aceh bisa terkenal hingga luar negeri.

Ciri Khas Tarian Aceh

Jika kita perhatikan tarian daerah Aceh memiliki ciri khas seperti: memiliki nilai-nilai ke-Islam-an, selalu berkelompok yang melibatkan banyak orang, dan hal lain adalah rangkaian gerak berulang serupa yang rancak.

Nama Tarian Daerah Aceh

Daftar berikut merupakan tari tarian daerah Aceh yang populer, salah satunya mungkin ingin kamu pelajari lebih dalam.

Tari Saman

Nama tarian daerah aceh yang satu ini sangat populer, hingga UNCESCO menobatkan sebagai warisan budaya tak benda. Dalam penampilannya akan memperlihatkan kekompakan para penari yang tidak kurang 10 orang, bahkan dalam beberapa acara tari saman bisa dilakukan banyak kelompok.

tari saman dari aceh

Tari yang berasal dari aceh ini biasanya ditampilkan untuk merayakan kegembiraan seperti syukuran masa panen suku gayo, upacara adat, khitanan, hari raya Idul Fitri & Idul Adha hingga untuk menyambut tamu kehormatan.

Hampir semua tari tarian daerah pada saat ini beralih fungsi untuk acara menyambut tamu kehormatan. Inilah salah satu fungsi peralihan, tentu lebih baik seperti itu karena tradisi tetap lestari.

Tari Likok Pulo

Termasuk tarian adat aceh yang biasa ditampilkan saat selesai musim tanam padi & upacara adat lain. Likok pulo adalah tari hiburan yang berasal dari desa Ulee Paya, Mukim Pulau Beras Selatan, Kecamatan Pekan Badan, Kabupaten Aceh Besar.

likok pulo

Tarian ini ditampilkan 10-12 penari, yang salah satunya adalah syekh (penari utama). Tugas syekh tidak hanya menari, tapi juga dibarengi dengan bersyair. Selain itu ada dua orang yang bertugas sebagai penabuh rapai (pemasik), posisi mereka berada di belakang atau sisi kanan dan kiri penari.

Tari Seudati

Tarian ini berasal kabupaten Pidie dan Kabupaten Aceh Utara, dipentaskan oleh laki-laki terdiri dari 8 orang penari dan 2 orang penyanyi. Dulunya tari Seudati bernama “Ratoh”, dimana artinya cerita sosial masyarakat.

Tari Seudati

Kata Seudati sendiri diambil dari Shahadatayn atau dua kalimat syahadat, sehingga jelas bahwa bukan hanya menampilkan seni budaya tapi juga sebagai media dakwah.

Tari Malelang

Tari Malelang asalnya dari desa Padang, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Selatan, biasanya dipentaskan oleh 10-12 orang wanita dewasa. Sama seperti tarian aceh lain, tujuan dari tari malelang adalah menghibur sekaligus dakwah.

Ciri khasnya penari mengenakan pakaian berwarna serba putih, posisi tarian melingkar kemudian banyak gerakan maju ke depan, tengah dan keluar. Tari malelang ditampilkan saat ucapara adat seperti pernikahan, khitan & nazar.

Tari Meusaree-Saree

Tarian daerah ini terinpirasi dari petani dan nelayan, sehingga dalam penampilannya terbagi atas 2 tarian, salah satu kelompok memperlihatkan proses menanam padi ini disebut “tari top pade”. Kelompok penari kedua menampiklan nelayan menangkap ikan, tarian ini disebut “tari tarek pukat”.

Tari Kederen

Berasal dari kabupaten Aceh tenggara, awalnya dipentaskan untuk menghormati tokoh agama. Tarian khas aceh ini terdiri dari 8-12 penari laki-laki yang diiringi lantunan rebana.

Tari Laweut

Tarian ini berasal dari daerah Pidie, Aceh. Awalnya bernama Seudati Inong, yaitu tari Seudati yang diperagakan oleh wanita. Proses tari, pola gerak dan tekniknya memang serupa dengan tari Seudati.

Nama-nama tarian daerah aceh lain diantaranya :

  • Tari Guel
  • Tari Labehaten
  • Tari Ratoeh Duek
  • Tari Landok Alun
  • Tari Bines
  • Tari Tuak Kukur
  • Tari Rateb Meuseukat
  • Tari Siwah
  • Tari Rapai Geleng
  • Tari Resam Berume
  • Tari Ratoh Jaroe
  • Tari Ranub Lampuan
  • Tari Didong
  • Tari Randai

Pertanyaan yang mungkin kamu ingin tahu seperti apa sih perbedaan tari saman dan tari pendet ?Dari sedikit informasi diatas tentu saja Tari Saman berasal dari Aceh & menggunakan pola lantai membentuk Garis horizontal. Sedangkan tari pendet berasal dari daerah Bali, tarian ini termasuk dalam tarian tradisional kreasi & menggunakan pola lantai membentuk Garis lengkung ke depan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.