potret kehidupan halam kota jepang

Jepang, Fakta Unik dan Budaya Mereka

Jepang adalah sebuah negara kepulauan Asia Timur yang luas wilayahnya tercatat 378 ribu km kubik. Lebih dari 3/4 area merupakan gunung-gunung 1/4 sisanya berupa daratan dan cekungan.

4 Daratan Terbesar di Jepang

Hokkaido

Musim Gugur di hokkaido

Salah satu pulau terbesar di Jepang, wilayah Hokkaido hampir selalu diselimuti salju sepanjang tahun.

Honshu

Lokasi Honshu berada di tengah-tengah jepang. Kamu pasti sering dengar Tokyo, nah kota ini berada di Pulau Honshu.

Shikoku

Kota Hiroshima dan Okayama berada di pulau Shikoku. Pulau ini merupakah terbesar ketiga di Jepang.

Kyushu

Pulau Kyushu posisinya paling bawah di Jepang. Uniknya Ada satu wilayah di pulau ini yang iklimnya sangat mirip Indonesia yaitu Provinsi Okinawa.

4 Musim di Jepang

Jepang memiliki 4 jenis musim, keempat musim tersebut ialah :

Musim Dingin/Winter

musim dingin di jepang

Musim dingin merupakan musim dimana suhu udara di sekitar menjadi terasa lebih dingin dengan ciri air berubah menjadi es. Musim dingin di Jepang ini kebanyakan berlangsung dari bulan Desember hingga bulan Februari.

Musim Semi/Spring

Musim semi ialah musim dimana keadaan berubah menjadi lebih bersahabat dengan ditandai pertumbuhan tanaman seperti bunga Sakura menjadi mekar. Musim semi terjadi dari bulan Maret sampai bulan Mei.

Musim Panas/Summer

Musim panas adalah musim ketika udara sekitar menjadi panas. Biasanya musim panas ini terjadi dari bulan Juni sampai bulan Agustus.

Musim Gugur/Autumn

Musim gugur adalah musim ketika dedaunan dari pepohonan rontok atau berguguran. Musim ini berlangsung dari mulai September sampai bulan 11.

Huruf Jepang

Huruf Kanji

Awal mula huruf kanji berasal yang dari negara Tiongkok dan masuk ke negara Jepang pada sekitar abad ke-4 sampai 5 dengan total kira-kira 50 ribu buah huruf. Lantas dari beberapa kanji tersebut dikembangkan menjadi huruf hiragana serta huruf katakana.

Kanji merupakah salah satu jenis huruf yang dipergunakan dalam bahasa Jepang dan terdapat ciri tersendiri salah satunya dalam tatacara membaca dan cara penulisannya. Oleh sebab itu, kanji sering disebut sebagai huruf yang begitu dan sulit untuk dipelajari. Namun, meskipun demikian kanji menjadi salah satu huruf yang sangat penting dalam bahasa Jepang karena setiap huruf memiliki arti yang berbeda.

Huruf Hiragana

Huruf hiragana melambangkan suku kata tunggal dan digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari Bahasa Jepang asli. Huruf Hiragana sendiri dikatakan sebagai bentuk sederhana dari kanji, sehingga huruf Hiragana garisnya melengkung dan tidak memiliki sudut tajam. Orang Jepang menyebutkan jika Huruf Hiragana digunakan pada awal zaman modern (Tahun 1603-1868, Edo), Hiragama awalnya digunakan oleh kaum wanita sehingga Hiragana disebut dengan huruf wanita atau dalam Bahasa Jepang disebut Onnade.

Huruf Katakana

Huruf Katakana mirip dengan Hiragana yaitu melambangkan suku tunggal kosakata tetapi mempunyai makna yang berbeda dengan huruf Hiragana. Selain untuk menulis kata serapan (asing) Huruf Katakana juga digunakan untuk penekanan suatu kata yang berasal dari kosakata Jepang asli.

Pendidikan di Jepang

Jenjang pendidikan di Jepang pun hampir sama dengan dengan di Indonesia yaitu :

  • 6 Tahun untuk pendidikan dasar
  • 3 Tahun untuk pendidikan pertama
  • 3 Tahun untuk pendidikan atas
  • 3 Tahun untuk diploma
  • 4 sampai 5 Tahun untuk universitas

Tradisi Yang Masih Bertahan

Kebudayaan tradisional yang masih berjaya hingga saat ini adalah :

Kimono

Merupakan pakaian tradisional khas dari negara Jepang, bahan utama kain dari sutera. Sekarang ini Kimono biasa digunakan untuk upacara atau festival tertentu saja.

Kabuki

Merupakan sebuah teater klasik yang berciri khas pada instrumen kalimat demi kalimat yang didendangkan oleh para pemain yang sebelumnya telah dihias dengan kostum yang super mewah dan make-up yang mencolok serta efek-efek tertentu.

Noh

Merupakan pertunjukkan teater musikal tertua di Negeri Matahari Terbit. Kostumnya terbuat kain sutera dirajut warna-warni serta mengenakan topeng kayu berlapis laka.

Bunraku

adalah penampilan boneka yang digerakkan dengan iringan nyanyian bercerita dan musik yang dimainkan menggunakan shamisen ( alat musik petik berdawai tiga ).

Shado

Adalah kegiatan minum teh hijau khas Jepang.

Kyougen

Merupakan bentuk teater klasik bersifat lelucon yang digelarkan dengan aksi dan percakapan yang amat bergaya tunggal.

Fakta Unik Di Jepang

Karir Lebih Penting

Jepang mengalami penurunan jumlah penduduk hal tersebut terjadi karena mereka cenderung mementingkan karir dibanding dengan keluarga. Hampir semua penduduk sibuk bekerja sedikit sekali dari mereka yang ingin memiliki anak.

Shinkansen

Kereta api super cepat dan selalu tepat waktu, shinaken menjadi transportasi umum. Kereta peluru ini bisa melesat hingga 603 km per jam dan tidak kalah penting dari shinaken tentu saja tepat waktu.

Eskalator Jalur Cepat

Jangan heran jika naik eskalator di Jepang, kamu akan lihat pemandangan rapi. Posisi sebelah kiri lebih banyak orang, sedangkan bagian kanan nampak lengang. Kamu tahu kenapa ? Posisi kanan eskalator diperuntukan bagi mereka yang sedang buru-buru.

Sewa Tamu Undangan

Di Indonesia kamu kenal penonton bayaran, lain hal di Jepang. Andai acara nikah atau resepsi apapun yang diadakan terbilang sepi, kamu bisa menghubungi jasa sewa tamu undangan.

Kebiasaan Mabuk

Penjualan minuman keras di Jepang termasuk legal, tidak aneh jika ditempat umum terlihat banyak orang sempoyongan mabuk bahkan tertidur lemas.

Budaya Antri

Akan sulit menemukan orang saling rebut kursi atau antrian di Jepang, menyela antrian jadi hal memalukan di negeri sakura.

Ramah

Istilah pembeli adalah raja bisa benar kamu rasakan ketika berada di Jepang, Irasshaimase! sapaan ini bakal kerap kamu dengar. Angukan serta senyum senantiasa menghiasi wajah orang Jepang.

Hormat

Budaya memberikan sesuatu dengan kedua tangan sambil menundukan kepala, tampak sangat menghormati satu sama lain. Bahkan ketika di jalan, ketika pejalan kaki selesai menyebarang jalan atau zebra cross mereka akan membungkukan badan kepada kendaraan yang mau menunggu pejalan kaki.

Jalan Cepat

Di kota besar Jepang hampir semua orang berjalan kaki, tidak seperti di Indonesia yang ramai justru kendaraan (buatan jepang). Mereka terbiasa berjalan dengan cepat, tidak suka dengan orang yang jalannya lambat.

Tidur Siang Karyawan

Di Indonesia masih sedikit yang membolehkan karyawan tidur ditengah jam kerja, justru di Jepang para bos mewajibkan pegawainya untuk tidur siang.

Suka Berhemat

Jepang termasuk negara produktif bukan konsumtif, gaya hidup orang jepang sangat irit. Bahkan ketika belanja pasti sengaja datang hanya saat jam-jam diskon saja.

Adopsi Orang Dewasa

Di Indonesia masih terbiasa mengadopsi anak sedari kecil, sedangkan di Jepang jika keluarga tidak punya keturunan mereka akan mengadopsi orang dewasa sebagai penerus bisnis keluarga.

Rumah kayu

Masih banyak rumah khas Jepang dibangun dari bahan kayu dan disangga dengan tiang-tiang dari kayu. Tetapi sekarang ini rumah di Jepang telah mengikuti gaya negara barat dengan lantai kayu dan dibangun dengan tiang baja yang familiar disebut apaato atau manshion.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.