properti tari

Properti Tari, Jenis Fungsi & Contohnya

Kamu belum tahu apa itu properti tari ? secara singkat artinya adalah benda atau alat yang bisa digunakan sebagai pendukung sebuah tarian sehingga memiliki karakter tertentu dan ungkapan nilai tari menjadi lebih kuat.

Ada lagi yang menyebutkan bahwa properti tari merupakan segala sesuatu yang akan diperlukan penari tari kreatif ketika berada di panggung pentas.

Tari adalah seni tari yang merupakan bagian dari budaya suatu negara atau daerah. Properti tari juga dapat digunakan untuk menggambarkan tema atau cerita yang ingin disampaikan dalam pertunjukan tari, seperti perang, keberuntungan, atau cinta.

Properti Tari Adalah

Properti tari adalah alat atau benda yang digunakan dalam pertunjukan tari untuk menambah kesan visual atau menunjukkan tema atau cerita yang ingin disampaikan. Properti tari dapat berupa aksesori atau pakaian yang digunakan oleh penari, atau benda-benda yang dipakai untuk menambah efek visual atau suasana pertunjukan.

Beberapa contoh properti tari adalah topeng, tongkat, tambur, gendang, payung, bola api, dan bendera. Properti tari dapat membantu menunjukkan tema atau cerita yang ingin disampaikan dalam pertunjukan tari, dan dapat membantu menambah kesan visual yang menarik bagi penonton.

Jenis Properti Tari

Secara garis besar jenis properti tari dibagi dalam dua kelompok, yaitu:

Setproperti

Kelompok instrumen yang digunakan pada set panggung bertujuan mendukung kemudahan sistem secara keseluruhan serta memperjelas dalam pengungkapan situasi dan kondisi.

Contohnya adalah panggung, gamelan, lighting, background, dan lain sebagainya.

Handproperti

Jenis yang kedua merupakan instumen yang dipakai secara langsung oleh penari sebagai alat pendukung karakter yang diperankan.

Contohnya seperti selendang, keris, topeng, piring, panah, dan lain sebagainya.

Fungsi Properti Tari

Fungsi dari properti tari biasanya adalah untuk menambahkan elemen estetik dan simbolik ke dalam pertunjukan tari. Properti tari dapat berupa berbagai macam benda sebagai bagian utama atau sebatas aksesori dalam pertunjukan tari.

Properti tari juga dapat membantu meningkatkan ekspresi dan gerakan tari, serta menambahkan kesan dramatis ke dalam pertunjukan.

Contoh Properti Tari

Indonesia yang kaya akan seni tari, kamu tentu bisa lihat begitu banyak properti pendukung ketika seni tari tradisional dipentaskan. Berikut adalah benda yang biasanya digunakan sebagai properti tari tradisional antara lain:

Kuda lumping

kuda lumping

Properti tari yang satu ini terbuat dari ayaman bambu atau bahan lain yang menyerupai seekor kuda. Properti tarian ini biasanya pelengkap tari yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Tombak

tombak

Kamu tentu tidak asing dengan benda yang satu ini, properti tari seperti tombak seringkali kamu lihat dalam pentas seni tradisional maupun modern.

Busur Panah, Gondewa

busur panah

Selain dikenal sebagai alat olahraga, berburu hingga senjata tradisional, busur panah atau godewa juga sering digunakan sebagai properti tari.

Selendang

merupakan aksesori yang sering digunakan dalam tari tradisional Indonesia, terutama pada tari-tari yang berasal dari daerah Jawa. Selendang terbuat dari bahan sutra atau kain sutra yang diikat di leher dan bisa diikat di pinggang.

Keris

merupakan senjata tradisional Indonesia yang sering digunakan dalam tari-tari tradisional seperti tari penca, tari topeng, dan tari bedhaya. Keris biasanya terbuat dari besi dan memiliki bentuk yang unik dengan bilah yang tajam.

Gamelan

merupakan alat musik tradisional Indonesia yang terdiri dari berbagai macam gong, kempul, dan bonang. Gamelan sering digunakan dalam tari-tari tradisional seperti tari gendhing, tari kecak, dan tari legong.

Kostum

merupakan pakaian yang digunakan dalam tari tradisional Indonesia. Kostum biasanya terdiri dari kebaya, sarung, dan kemben, dan sering dihiasi dengan hiasan-hiasan seperti manik-manik, kain perca, dan perhiasan lainnya.

Make-up

merupakan tata rias yang digunakan dalam tari tradisional Indonesia. Make-up biasanya terdiri dari bedak, lipstik, dan maskara yang dihiasi dengan hiasan-hiasan seperti gliter atau manik-manik. Make-up biasanya diaplikasikan dengan tebal agar terlihat lebih mencolok dan menarik.

Perhiasan

merupakan aksesori yang sering digunakan dalam tari Merak, seperti anting-anting, gelang, dan kalung yang dihiasi dengan manik-manik atau perhiasan lainnya. Perhiasan ini biasanya dikenakan di kepala, telinga, leher, dan tangan untuk memberikan kesan yang lebih mewah dan elegan.

Ketentuan properti yang akan digunakan bisa jadi sebuah pencerminan dari karakter yang dilukiskan alat peraga tersebut. Tujuannya jelas kalau properti kemudian disebut untuk mempermudah penari dalam menciptakan karakter tarian.

Properti tari tentu dapat menciptakan gerakan unik & khas tapi selain itu bisa membuat tingkat kesulitan reka gerak tari itu sendiri.

Properti lain seperti : kendi, lesung, payung, bakul hingga perahu bisa dijadikan Properti tari. Tentunya tidak asal ada melainkan harus disesuaikan dengan tema tarian, unsur gerak supaya tarian akan menjadi lebih menarik.

Penggunaan suatu benda atau properti ini bisa jadi berkaitan dengan kreativitas pencipta tari. Dimana properti tari tersebut menjadi salah satu objek pembelajaran yang dapat digunakan pelatih tari dalam memperkenalkan suatu alat peraga yang digunakan dalam pentas.

Properti Tari Merak

Tari Merak adalah tari tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat. Berikut ini adalah beberapa properti yang sering digunakan dalam tari Merak:

– Kostum
– Selendang
– Gamelan
– Make-up
– Perhiasan

Properti Tari Jaipong

Tari Jaipong adalah tari tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat. Berikut ini adalah beberapa properti yang sering digunakan dalam tari Jaipong:

– Kostum
– Selendang
– Gamelan
– Make-up
– Perhiasan

Properti Tari Piring

Tari Piring adalah tari tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Berikut ini adalah beberapa properti yang sering digunakan dalam tari Piring:

– Piring: merupakan properti utama dalam tari Piring yang terbuat dari logam atau keramik. Piring digunakan oleh penari untuk melakukan gerakan-gerakan yang dinamis dan menciptakan suara yang khas.
– Kostum
– Selendang
– Gamelan
– Make-up

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *