Tari Tarian Tradisional Yang Mudah Dihafal & Dipelajari

Halo teman semua, di hari yang indah ini kita hendak memberikan sedikit informasi apa saja tarian tradisional yang mudah dihafal dan gampang dipelajari paling utama buat kalian yang seneng banget sama tari tradisional. Banyak loh keuntungan yang dapat kalian miliki dari menari, tidak hanya selaku hiburan, tari pula dapat dijadikan selaku komunikasi, menyehatkan badan, berikan kepuasan, serta tingkatkan koordinasi.

Penasaran kan apa saja Tarian Tradisional Indonesia yang gampang hafal untuk kamu pelajari? Ayo ikuti terus barangkali saja tari kesukaan mu dapat masuk daftar sini.

Tarian Tradisional Indonesia Yang Gampang Dihafal

Tari Saman, Aceh

tari saman dari aceh

Siapa sih yang tidak tahu dengan Tari Saman? Tari saman ini telah sanat mendunia loh serta kerap dijadikan selaku icon Indonesia. Tari Saman ialah salah satu tari yang masuk ke dalam jenis unik, jenis tari ini terletak pada gerakan penarinya yang kompak, harmonisasi lagu serta paduan suara yang mengiringinya. Bersamaan pertumbuhan era Tari Saman dimainkan oleh lebih dari 10 penari serta dipandu oleh 2 orang syekh buat mengendalikan irama gerakan sekalian pemandu nyanyian, secara universal gerakan dalam tarian saman terdiri dari gerakan tepuk tangan, tepuk dada, gerak guncang, gerak kirep, gerak lingang serta gerakan surang-saring.

Tari Lenggang Nyai, Betawi

tari lenggang nyai dari betawi

Tari Lenggang Nyai ialah salah satu kesenian tari warga Betawi yang termotivasi dari cerita hidup Nyai Dasimah. Tarian ini konon diambil dari suatu cerita rakyat yang kaya hendak pesan serta arti yang ditafsirkan lewat Tarian Lenggang Nyai. Gerakan dalam tarian ini pula menggambarkan kepribadian serta cerita dari Nyai Dasimah yang mencerminkan kelincahan, keceriaan serta keluwesan wanita Betawi. Karakteristik khas dari tarian ini ialah para penari di balut dengan busana perpaduan antara Budaya Tiongkok serta Betawi sehingga penuh dengan warna hijau cerah serta merah cerah.

Tari Sajojo, Papua

tari sajojo dari papua

Kita terbang ke bagian timur Indonesia disitu terdapat Tari Sajojo, Tari ini ialah karakteristik khas dari warga Papua serta dapat dimainkan oleh siapa saja baik itu laki-laki, perempuan, tua ataupun muda. Para penari umumnya mengenakan busana tradisional yang dibuat dari pangkal maupun daun, tetapi sebab saat ini telah modern dikreasikan lagi dengan kain supaya nampak lebih menarik tidak kurang ingat pula dilengkapi dengan bermacam berbagai pernak-pernik penutup kepala, kalung serta lukisan badan bercorak etnis papua. Gerakan nya juga sangat khas serta enerjik sehingga menggambarkan keceriaan para penari serta kerap di dominasi oleh gerakan kaki serta tangan cocok ritme serta irama lagu.

Tari Poco-poco, Maluku

Tari poco poco dari maluku

Tarian ini berasal dari wilayah Maluku serta terkenal semenjak tahun 2000-an. Pada awal mulanya tari poco-poco ini cuma diketahui oleh area Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta POLRI saja tetapi nyatanya tari poco-poco lebih di tahu lagi serta saat ini iringan musiknya juga mulai bermacam-macam. Yang membuat tari poco-poco ini unik ialah gerakannya diambil dari bermacam wilayah Indonesia. Oleh sebab itu tarian ini mempunyai 50 alterasi gerakan semacam melontarkan lembing, melepas panah, serta masih banyak lagi.

Tari Tor-tor, Batak Sumatera Utara

Tari Tor tor dari batak

Tari tor-tor batak merupakan sekelompok orang batak yang menari dengan diiringi seperangkat perlengkapan musik tradisional dengan riang gembira, melenggak lenggok menoton. Tari tor-tor terdiri dari 3 tipe ialah tor-tor pangurosan, sipitu cangkir serta tunggal panaluan. Busana yang dipakai penari tor-tor ialah wajib mengenakan ulos, ya kain tenun khas sumatera, gerakanya juga sangat simpel ialah gerakan tangan serta kaki yang terbatas serta hentarakan kaki bergerak menjajaki iringan dari magondangi.

Sesungguhnya masih banyak lagi tarian yang gampang buat dipelajari misalnya saja tari jaipong dari jawa barat, tari pendet bali, tari topeng serta tari merak dari jawa barat. Mudah-mudahan bisa menaikkan atensi serta cinta kita terhadap tarian tradisional sehingga eksistensi nya masih terus terdapat serta tidak punah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *