Wisata Pasuruan, Alam Indah Cocok Untuk Kuliner Keluarga

Tempat wisata di Pasuruan sama hal dengan daerah Indonesia lain, karena pasuruan memiliki potensi wisata yang cukup besar. Salah satu kabupaten di Jawa Timur ini punya daya tarik tersendiri. Yang suka nature traveling bakal pas banget, karena alam pasuruan sangat menggoda.

Jangan lupa untuk selalu menjalankan protokol kesehatan, siapkan berbagai kebutuhan akomodasi di Pasuran, berikut adalah beberapa destinasi wisata populer yang wajib kamu kunjungi:

Wisata Alam Pasuruan

Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan

Wisata pasuruan air Terjun Kakek Bodo merupakan air terjun yang cukup mudah diakses. Air terjun ini berada di Tretes, Kecamatan Prigen yang dikenal sebagai salah satu kawasan wisata bernuansa alam pegunungan. Tretes merupakan salah satu jalur pendakian Gunung Arjuna dan Welirang. Lokasi Air Terjun Kakek Bodo sendiri berada di ketinggian 850 mdpl dengan tinggi sekitar 50 meter. Nama air terjun ini diambil dari sebuah makam yang berada tidak jauh dari lokasi air terjun. Suasana adem khas pegunungan akan kita rasakan saat tiba di lokasi Air Terjun Kakek Bodo.

Ranu Grati

Ranu Grati pasuruan

Danau Grati atau Ranu Grati merupakan sebuah danau yang berada di Kecamatan Grati, Pasuruan. Lokasi danau ini berada di tiga desa yakni Desa Sumberdawesari, Desa Ranuklindungan, dan Desa Gratitunon. Luasnya mencapai 198 ha. Dari pusat kota Pasuruan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke lokasi danau. Berkeliling danau menggunakan perahu akan jadi aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di Danau Grati.

Pantai Lekok dan Ski Lot

sunset pantai lekok

Wilayah utara Kabupaten Pasuruan berbatasan langsung dengan Laut Jawa sehingga kita juga akan menemukan beberapa pantai di kawasan pesisir Pasuruan. Salah satu destinasi wisata pantai pulau jawa yang bisa kita kunjungi di Pasuruan adalah Pantai Lekok. Pantai berpasir hitam ini bisa kamu kunjungi untuk sekedar melepas rindu dengan suasana pantai. Ada sebuah tradisi unik yang diadakan setiap tahun di sekitar wisata pasuruan Pantai Lekok yang dikenal dengan Ski Lot. Yakni aksi menangkap lele, kepiting serta belut sambil berselancar di atas lumpur. Kegiatan ini biasanya diadakan saat lebaran ketupat.

Pemandian Alam Banyu Biru

Pemandian Alam Banyu Biru Pasuruan

Pemandian Alam Banyu Biru merupakan sebuah pemandian yang cukup unik di Pasuruan. Kolam tempat pemandian ini dipenuhi oleh ikan-ikan yang hidup dengan bebas dan tak seorangpun yang berani mengambilnya. Ikan-ikan tersebut sering disebut dengan Ikan Sengkaring dan dikeramatkan oleh warga setempat. Air yang ada di kolam pemandian ini juga dipercaya dapat membuat awet muda. Pada waktu-waktu tertentu bahkan ada beberapa orang yang melaksanakan ritual tertentu di kolam pemandian ini.

Bukit Penanjakan 1 Gunung Bromo

gunung bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu tempat terbaik di Jawa Timur untuk menikmati pemandangan sunrise. Ada dua spot yang sering digunakan para wisatawan untuk menikmati pemandangan sunrise di Gunung Bromo yakni Penanjakan 1 dan Penanjakan 2. Penanjakan 2 berada di wilayah Probolinggo sedangakan Penanjakan 1 berada di wilayah Pasuruan. Tepatnya di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Lokasi ini berada pada ketinggian 2.770 mdpl. Pemandangan yang ada di tempat ini tak perlu ditanyakan lagi. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbit dengan latar belakang beberapa gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru seperti Gunung Bromo, Gunung Semeru serta Gunung Batok.

Wisata Keluarga Di Pasuruan

Taman Safari 2

Taman Safari 2 - Prigen Pasuruan

Taman Safari 2 yang ada di Pasuruan ini merupakan cabang dari Taman Safari yang ada di Bogor. Lokasi Taman Safari 2 berada di Desa Jatiaro, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Lokasinya berada di kaki Gunung Arjuna dengan luas area mencapai 400 ha. Taman Safari 2 merupakan salah satu pusat konservasi di Jawa Timur. Dengan konsep modern zoo, binatang-binatang di Taman Safari 2 dibiarkan hidup bebas di habitat aslinya. Beragam fasilitas telah tersedia di Taman Safari 2. Salah satunya adalah Safari Adventure di mana para pengunjung bisa terlibat dalam proses perawatan binatang, yakni memberi makan. Beberapa fasilitas lain yang ada di Taman Safari 2 antara lain Elephant Journey, Swimming With Dolphin, Safari Outbound, Education Package for Students dan Animal Education Show.

Kebun Raya Prigen

taman kebun raya prigen

Jika membutuhkan tempat untuk ngobrol santai bersama teman atau keluarga, Kebun Raya Prigen bisa dijadikan pilihan. Kebun Raya yang berada di tepi jalan raya Malang-Surabaya ini dipenuhi oleh pohon-pohon dan rumput hijau di mana kita bisa berteduh di bawahnya. Luas Kebun Raya ini mencapai 85 ha dengan koleksi 10.000 jenis tumbuhan dan pohon. Beberapa fasilitas juga sudah tersedia di sana seperti sebuah danau buatan, kolam renang untuk anak-anak serta taman bermain. Kebun Raya Prigen yang ada di Pasuruan ini merupakan bagian dari Kebun Raya Bogor.

Agrowisata Bhakti Alam

agrowisata bhakti alam pasuruan

Agrowisata Bhakti Alam merupakan salah satu tempat terbaik yang bisa dikunjungi untuk menikmati hari libur bersama keluarga. Agrowisata ini lokasinya berada di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur. Kebun buah yang luas merupakan objek menarik yang dapat kita kunjungi di tempat ini. Beragam fasilitas mulai dari arena outbond hingga area camping ground sudah tersedia di sana. Jika Anda datang dari luar kota dan ingin bermalam, di sekitar Bhakti Alam sudah banyak penginapan dengan harga yang bervariasi sesuai kelasnya.

Bukit Flora

Gerbang Bukit Flora Pasuruan

Selain Bhakti Alam, Agrowisata lain yang bisa Anda kunjungi di Kecamatan Tutur adalah Bukit Flora. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan sebuah agrowisata di mana pengunjung bisa belajar tentang berbagai macam tumbuhan sambil tamasya. Bukit Flora berada di ketinggian sekitar 700 mdpl sehingga suasana di sana terasa nyaman dan cenderung sejuk. Berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan wisata juga sudah terseda di Bukit Flora antara lain outbond serta flying fox.

Wisata Taman Dayu Pandaan

Tempat ini dulunya merupakan bekas perumahan elit yang kini dikembangkan menjadi taman wisata yang bisa dikunjungi oleh siapa saja. Kawasan taman ini ditumbuhi oleh pohon-pohon yang membuat suasana di sekitar taman menjadi sangat nyaman dan teduh. Beberapa fasilitas seperti arena out bound, tempat berkemah, lapangan golf, serta waterpark mini sudah tersedia di tempat ini. Ada juga pusat kuliner untuk kamu yang suka dengan wisata kuliner.

Wisata Kuliner di Pasuruan

Kupang Keraton Pasuruan Hj. Qomariah

Kupang di tempat wisata kuliner pasuruan Kupang Keraton Pasuruan Hj. Qomariah ini adalah sejenis hewan laut yang jika di masak mempunyai rasa yang enak.Dan tentu saja masakan andalan di tempat wisata kuliner pasuruan bernama Kupang Keraton Pasuruan Hj. Qomariah ini adalah Kupang Lontong.

Depot Sri Pandaan

Menu makanan yang di sajikan di tempat wisata kuliner Pasuruan Depot Sri Pandaan ini adalah beras kencur yang gurih dan tentu saja ayam goreng spesial khas Jawa Timur. Akan tetapi masih ada jenis makanan yang lainnya yang bisa Anda nikmati di sebuah tempat bernama Depot Sri Pandaan ini seperti sambal terasi, tahu telor, sayur asem, rujak cingur, tempe penyet dan yang lainnya.

Rumah Makan Cairo

Banyak sekali jenis makanan yang bisa Anda pesan di tempat wisata kuliner pasuruan bernama Rumah Makan Cairo ini seperti misalkan saja rawon, kare, soto, gule, sate ayam, krengsengan, sate kambing dan masih banyak menu yang lainnya.

Soto Ayam Cemara

Tempat wisata kuliner pasuruan yang selanjutnya adalah sebuah tempat yang bernama Soto Ayam Cemara yang tentu saja sudah sangat populer di kalangan para pencinta kuliner Kota Pasuruan. Soto Ayam Cemara ini merupakan sebuah tempat yang menyajikan soto ayam yang mempunyai rasa lezat dan gurih.

Penginapan Murah di Pasuruan

Karena pasuruan menjadi salah satu kota dengan perkembangan ekonomi dan pariwisata yang pesat di wilayah Jawa Timur. Kota Pasuruan sendiri berada di jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali. Beragamnya destinasi wisata di Pasuruan menjadi salah satu faktor pendortong semakin tumbuhnya hotel. Kamu tak perlu khawatir jika berkunjung ke Pasuruan, banyak hotel menyediakan promo-promo menarik baik selama musim liburan maupun tidak, kamu bisa menemukan tipe hotel dari yang berbintang hingga hotel melati.

Hotel Berbintang di Pasuruan

Beragam hotel berbintang bersiap menyambut kedatangan wisatawan di Pasuruan, kamu tak perlu bingung memilih. Hanya perlu menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan, dapat memilih hotel dari bintang satu sampai bintang lima. Beberapa hotel diantaranya adalah Royal Tretes View Hotel & Convention, Hotel Transit Pasuruan, Hotel Huni Raya Bromo, Royal Senyiur Hotel, Dalwa Hotel Syariah, Inna Tretes Hotel, dan Tanjung Plaza Hotel.

Cara Menuju Pasuruan

Berlokasi di jalur utama Surabaya-Banyuwangi menjadikan Pasuruan menjadi salah satu kabupaten yang berkembang dengan pesat di Jawa Timur. Untuk menjangkau Pasuruan, bisa menggunakan layanan penerbangan dan turun di Bandar Udara Internasional Juanda. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus selama 1,5 jam.
Selain itu, kota ini juga memiliki stasiun kereta api lintas timur Surabaya-Jember-Banyuwangi. Kereta api yang singgah di Pasuruan diantaranya: Mutiara Timur (Surabaya Gubeng-Banyuwangi Baru), Logawa (Purwokerto/Cilacap-Surabaya Gubeng-Jember), dan Sri Tanjung (Yogya Lempuyangan-Surabaya Gubeng-Banyuwangi Baru).

Alat Transportasi di Pasuruan

Jika datang ke Pasuruan tanpa membawa kendaraan pribadi, tak perlu khawatir. Banyak layanan sewa mobil pasuruan untuk kamu pilih, tak perlu mencari ke sana kemari, hanya perlu buka ponsel kemudian pesan jasa penyewaan mobil terpercaya dan aman di Pasuruan. Penggunaan mobil akan lebih menghemat waktu Anda untuk berkeliling. Sehingga wisatawan bisa dengan puas menjelajahi tiap sudut Pasuruan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.