Rekomendasi Tempat Wisata Di Balikpapan

Balikpapan merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh pebisnis maupun wisatawan. Pengusaha serta pelancong yang datang mengunjungi Balikpapan terdiri dari wisatawan domestik maupun mancanegara. Tahukah kamu Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia. Semakin meningkatnya kegiatan pariwisata dan bisnis di Balikpapan telah mendorong berdirinya hotel-hotel berbintang.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Balikpapan

Balikpapan memiliki beragam destinasi wisata yang menarik dan sayang jika dilewatkan. Banyak wisatawan mengunjungi Balikpapan di hari libur maupun non libur.
Tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan antara lain:

Wisata Alam Di Balikpapan

Hutan Bakau Margomulyo

Hutan Bakau Margomulyo

Hutan Bakau Margomulyo merupakan hutan kota yang ada di Balikpapan lokasinya sangat dekat dengan pusat kota. Di tempat wisata yang satu ini, terdapat sebuah jembatan kayu yang dapat dipakai pengunjung untuk menikmati lokasi hutan bakau yang hijau. Jembatan kayu terbentang sepanjang 800 meter.
Selain jembatan kayu, fasilitas lain yang terdapat di sini adalah menara intai. Lewat menara ini, kamu bisa melihat aneka ragam burung yang menghuni kawasan Hutan Bakau Margomulyo. Bagi kamu yang ingin melihat bekantan, datanglah ke Hutan Bakau Margomulyo pada pagi atau menjelang matahari terbenam. Jika sudah memasuki kawasan wisata, kita wajib untuk menjaga kebersihan dan tak sembarang buang sampah. Untuk masuk lokasi wisata, kamu tidak perlu membayar tiket.

Pantai Kemala

Pantai Kemala Balikpapan

Pantai Kemala atau disebut juga dengan nama Pantai Polda adalah salah satu pantai di Balikpapan yang ramai kunjungan, terlebih ketika akhir pekan atau liburan. Di pantai yang memiliki pasir putih bersih ini terdapat banyak warung makan yang menawarkan aneka menu mulai dari makanan khas berbagai daerah sampai dengan masakan Eropa. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Kemala antara lain adalah berenang, duduk di tepi pantai sembari mengobrol santai, serta menikmati wahana permainan air.

Hutan Lindung Sungai Wain

Ini adalah hutan tropis yang masih alami dan belum tersentuh tangan jahil manusia. Lokasinya ada di Kota Balikpapan. Tempat ini adalah tempat pelindungan flora dan fauna langka (beruang, bekantan, kantong semar, orang utan, dan lain sebagainya) serta tanaman endemik Balikpapan bernama jahe Balikpapan. Dengan lokasi hutan seluas 10.000 hektar, jika kamu berkunjung kemari akan didampingi oleh pemandu wisata.

Pantai Manggar Segara Sari

Lokasi wisata ini sangat cocok dipakai sebagai tempat wisata keluarga. Di sini kamu dapat bersantai atau berkeliling pantai naik perahu. Banyak didapati warung makan yang menawarkan kuliner lokal di area pantai. Fasilitas lainnya adalah panggung hiburan. Aktivitas yang bisa dilakukan ketika liburan kemari
antara lain adalah main voli pantai, banana boat, jetski, layangan, bersepeda, sampai dengan main perahu ban.

Pantai Lamaru

Pantai Lamaru adalah salah satu destinasi wisata yang cocok bagi kamu yang senang suasana tenang. Tempat ini suasananya tidak terlalu ramai dan tepat untuk bersantai atau relaksasi. Hanya saja kalau akhir pekan, di sini akan ramai. Keindahan laut yang memikat dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi kamu yang ingin memanjakan mata. Fasilitas yang tersedia di sini antara lain adalah toilet, warung, fasilitas parkir, permainan perahu sepeda. Pasir putihnya hampir sama dengan danau kaolin di Bangka.

Gunung Dubs

Gunung Dubs, ternyata tidak seperti namanya. Gunung ini sebetulnya adalah dataran tinggi di Kota Balikpapan. Di mana terdapat kompleks perumahan pertamina yang juga tak jauh dari kilang minyak. Pemandangan kota tampak cantik di malam hari. Di tepi jalan banyak pohon-pohon rindang yang membuat kawasan ini hawanya sejuk. Selain pemandangan kota berhias lampu-lampu indah, dari sini kita juga dapat melihat tempat hasil perkilangan minyak pertamina yang bentuknya mirip dengan drum yang sangat besar.

Wisata Keluarga Di Balikpapan

Kampung Atas Air Margasari

Tempat wisata selanjutnya adalah Kampung Atas Air Margasari. Di sini, kamu bisa merasakan Venice ala kota Balikpapan. Seluruh rumah terbuat dari kayu dan berada di atas air, transportasi yang digunakan adalah perahu motor. Perkampungan ini dibangun pada tahun 2000 dan menjadi salah satu tempat wisata di Balikpapan yang dibanggakan pemerintah kota karena dianggap sukses membangun sebuah kampung wisata.
Di sini, kamu bisa bersantai di gazebo yang disediakan sambil berinteraksi dengan warga setempat. Atau jika kamu suka memancing, bawalah alat pancing dan silakan memancing dari atas jembatan kayu ulin. Tertarik untuk datang ke kampung di atas air ini?

Taman Bekapai

Ini dia landmark kebanggaan warga Balikpapan. Sebagai kota yang kaya dengan kandungan minyak buminya, Balikpapan butuh sebuah monumen untuk menunjukkan rasa bangganya. Maka dibangunlah Taman Bekapai di pusat kota.
Taman Bekapai memiliki sebuah patung atau monumen perunggu yang berbentuk abstrak dan dapat keluar air mancur dari dalamnya. Air mancur ini dengan bantuan pencahayaan yang tepat akan terlihat menyerupai semburan minyak bumi. Pemandangan ini terlihat semakin indah pada saat malam hari. Selain air mancur yang unik, di taman ini juga terdapat bangku-bangku untuk beristirahat dengan pepohonan rindang untuk berteduh. Tempat wisata di Balikpapan ini menjadi salah satu lokasi wajib untuk dikunjungi oleh wisatawan luar kota.

Pasar Klandasan

Pasar Klandasan merupakan pasar dengan pemandangan yang indah di Balikpapan. Pasar tradisional ini berada dekat dengan pantai, sehingga selain menjadi tempat jual beli, pasar ini juga bisa disebut sebagai tempat wisata. Coba saja kamu keluar ke bagian belakang pasar, akan terlihat pemandangan laut yang menakjubkan.
Pasar ini menjual berbagai kebutuhan rumah tangga mulai dari makanan, ikan segar, buah, sayur, pakaian sampai sandal. Harga barang yang dijual lebih terjangkau dan kamu juga masih bisa menawar harga di sini.

Pasar Inpres Kebun Sayur

Sudah bersiap pulang dari Balikpapan? Tunggu dulu. Kamu perlu membawa oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman. Datang saja ke Pasar Inpres Kebun Sayur yang hanya berjarak satu jam perjalanan dari bandara. Pasar ini menjual berbagai macam suvenir khas Kalimantan mulai dari gantungan kunci, miniatur rumah adat Dayak, gelang, kalung sampai mandau.
Bagi kamu yang gemar mengoleksi batuan permata, pasar ini akan menjadi tempat yang cocok untuk dikunjungi. Aneka macam batu dijual di sini, mulai dari batu akik, safir, delima, berlian dan masih banyak lagi. Pasar ini hanya terdiri dari satu lantai, sehingga tidak membuat kamu lelah naik turun tangga.

Wisata Kuliner Di Balikpapan

Ikan Bandeng Non Duri

Salah satu kuliner khas dari Balikpapan yang banyak diburu wisatawan adalah ikan bandeng tanpa duri. Kalau kamu berwisata ke Balikpapan, tak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi menu yang tak hanya lezat, namun kaya gizi ini. Ikan yang mengandung protein, bagus untuk otak kita. Selain itu pengolahan makanan ini yang masih alami tanpa bahan berbahaya menjadi salah satu hal yang penting diketahui para pecinta kuliner, pastikanlah bahan ikannya masih segar dengan pengolahan yang sempurna. Rasanya maknyus!

Mie Soba Lada Hitam

Balikpapan memang terkenal dengan kulinernya yang banyak berbahan dasar ikan. Akan tetapi ternyata Balikpapan juga memiliki makanan khas selain ikan-ikanan, satu diantaranya adalah mie soba lada hitam. Mie ini menjadi menu yang wajib dicicipi ketika liburan ke Balikpapan. Bentuk mie agak berbeda dengan mie pada umumnya. Mie soba lebih besar ukurannya dengan saus hitam yang melumuri tiap helai mie, rasanya gurih dan menggoyang lidah.

Soto Banjar Gunung Kawi

Soto ini selalu ramai pengunjung karena citarasa yang gurih dan nikmat. Soto Banjar Gunung Kawi ini tak memiliki plang penanda di tempat makannya. Akan Tetapi tiap hari akan kita lihat parkiran yang penuh dengan mobil. Daging soto yang empuk juga menjadi salah satu keunggulan dari makanan berkuah gurih ini. Makan soto banjar dapat kamu nikmati bersama dengan nasi putih, jadi lebih kenyang. Alamat : Jalan P. Antasari (Depan Masjid Al-Huda)

Ruko Bandar Balikpapan

Ruko Bandar adalah lokasi café serta restoran yang masih ada di tepian pantai, pusat Kota Balikpapan. Ini merupakan salah satu pilihan lokasi ngulineran yang asyik dan romantis. Selain makanan yang lezat, daya tarik tempat ini antara lain adalah makan malam dengan penerangan lilin kecil. Untuk menikmati menu yang ada di sini, kita tak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Cukup dengan uang sebesar Rp 17.000,- sampai dengan Rp 35.000,- perut akan kenyang terisi makanan. Alamat : kawasan Jalan Sudirman.

Beach House

Beach house lebih eksklusif, tempat makan ala hotel bintang lima. Harga makanan di sini, sesuai dengan konsepnya yang eksklusif memang tergolong agak mahal. Alamat : Daerah Batakan, kurang lebih 30 menit dari pusat kota Balikpapa.

Waroeng Ubud

Nama warung makan ini mengingatkan kita dengan Pulau Dewata. Ya, memang menu makanan yang tersedia di warung ini adalah menu khas Bali. Salah satu makanan yang paling diminati adalah ayam betutu. Untuk menu ayam betutu ini kita bisa memilih tingkat pedas sesuai dengan selera kita. Tak hanya ayam betutu, menu lain pun patut untuk dicicipi.

Warung Cak Nan

Warung Makan Cak Nan mempunyai beragam menu enak. Sehingga tak pernah sepi pembeli. Paling ramai kunjungan adalah ketika jam makan siang serta menjelang pulang kerja. Salah satu menu andalan yang ada di sini adalah
mie ayam. Makanan yang satu ini dapat dipesan dalam porsi besar juga, lho. Yang membuat mie ini makin nikmat adalah karena citarasa kuah kaldunya yang gurih.

Cara Menuju Balikpapan

Surabaya sebagai salah satu kawasan destinasi wisata di Jawa menyediakan kemudahan transportasi untuk para wisatawan. Jalur udara bisa dijangkau dengan mudah dengan adanya Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Beragam maskapai penerbangan seperti Garuda, Lion Air, dan masih banyak lainnya melayani jadwal penerbangan dari dan menuju ke Balikpapan. Bandaranya yang sangat besar memiliki mall lengkap dengan berbagai toko yang dapat menjadi hiburan saat kamu tiba.

Alat Transportasi di Balikpapan

Bagi wisatawan yang sedang berlibur ke Balikpapan, kamu dapat lebih leluasa berkeliling dengan menggunakan jasa penyewaan mobil yang tersedia. Penggunaan mobil akan lebih menghemat waktu kamu untuk berkeliling Malang. Selain itu, Balikpapan juga menyediakan armada transportasi darat seperti taksi tanpa/dengan argometer, Angkutan Kota (angkot) dengan jalur atau trek berdasarkan nomor, ojek atau sepeda motor.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.