tipe rumah minimalis

Ketahui Berbagai Tipe Rumah Berdasarkan Luasnya agar Tak Salah Pilih

Sebelum memulai perjalanan mencari rumah impian, penting bagi calon pembeli untuk memahami berbagai tipe rumah yang tersedia berdasarkan luasnya. Dalam memilih rumah, faktor luas properti menjadi salah satu pertimbangan utama, khususnya jika Anda membeli rumah di townhouse.

Saat ini sudah berbagai townhouse berlomba-lomba menyediakan berbagai tipe rumah, Shila at Sawangan menjadi salah satunya. Salah satu tipe terbaik dari townhouse ini adalah jakarta south lake living.

Mengetahui tipe hunian dari namanya saja, tentu tidak cukup untuk membuat pilihan yang tepat. Maka dari itu, penting untuk mengetahui berbagai tipe rumah berdasarkan luasnya yang akan dijelaskan pada artikel berikut ini.

Tipe Rumah 21

Tipe 21 merupakan rumah dengan harga yang terjangkau dan pembayaran cicilan yang ringan. Hal ini menjadikannya populer di kalangan masyarakat menengah ke bawah dan mereka dengan anggaran terbatas.

Rumah tipe ini memiliki luas bangunan sekitar 21 meter persegi dengan variasi dimensi seperti 3 x 7 meter, 5,25 x 4 meter, atau 6 x 3,5 meter. Biasanya, rumah ini terdiri dari satu kamar utama, satu kamar mandi, dan satu ruang serbaguna.

Tipe 36

Tipe kedua adalah tipe 36 yang banyak diminati karena ukurannya yang tidak terlalu kecil dan harganya masih terjangkau, berkisar antara Rp450 juta hingga Rp600 juta. Rumah tipe 36 menjadi pilihan yang cukup memadai untuk keluarga kecil dengan satu anak.

Rumah tipe 36 biasanya dibangun di atas tanah dengan luas 60 hingga 72 meter persegi dengan dimensi sekitar 6 x 6 meter atau 9 x 4 meter. Dengan spesifikasi ini, rumah ini dapat memiliki 1 hingga 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, dan ruang tamu.

Tipe 45

Jika Anda menganggap rumah tipe 21 terlalu kecil dan tipe 36 belum memenuhi kebutuhan Anda, maka mungkin rumah tipe 45 menjadi solusi yang tepat. Tipe rumah ini sering menjadi pilihan bagi investor properti di Indonesia.

Rumah tipe 45 umumnya memiliki dimensi 6 x 7,5 meter dengan luas tanah berkisar antara 72, 90, dan 96 meter persegi. Dengan ukurannya yang lebih luas daripada tipe 21 dan 36, Anda dapat membangun rumah dengan 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, tempat parkir mobil, dan juga taman. Saat ini, rumah tipe 45 tersedia dengan harga sekitar Rp600 juta hingga Rp850 juta.

Tipe 54

Jika Anda telah berkeluarga dan memiliki dua anak, direkomendasikan untuk memilih rumah tipe 54. Rumah ini cukup luas dan dapat direnovasi menjadi dua lantai jika diperlukan. Secara umum, rumah tipe 54 memiliki dimensi 9 x 6 meter atau 13,5 x 4 meter, dan dibangun di atas tanah seluas 120 hingga 150 meter persegi.

Dengan spesifikasi ini, Anda dapat memiliki 2 hingga 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang makan, dan dapur. Anda bahkan dapat menambahkan taman di bagian depan dan belakang rumah jika memiliki dana tambahan setelah membeli rumah dengan harga sekitar Rp850 juta hingga Rp1 miliar.

Tipe 60

Selanjutnya, terdapat rumah tipe 60 yang menjadi favorit kalangan menengah ke atas karena luas dan nyaman untuk ditinggali. Biasanya memiliki dimensi 6 x 10 meter dan dibangun di atas tanah seluas 120 hingga 150 meter persegi.

Rumah tipe 60 dapat memiliki 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, dan ruang tamu yang luas untuk berkumpul keluarga. Jika diperlukan, rumah ini dapat direnovasi menjadi dua lantai. Harganya berkisar antara Rp1 miliar hingga Rp1,2 miliar.

Tipe 70

Rumah tipe 70, dengan luas bangunan 70 meter persegi dan dimensi 7 x 10 meter atau 5 x 14 meter, umumnya menjadi favorit keluarga kelas atas. Rumah ini sering dianggap sebagai “rumah mewah”. Biasanya, rumah tipe 70 sudah memiliki 2 lantai lengkap dengan fasilitas yang nyaman. Harga jualnya berkisar mulai dari Rp1,2 miliar hingga Rp1,5 miliar.

Tipe 120

Terakhir, tipe rumah yang biasanya ditemui di kawasan elit adalah tipe 120. Dibangun di atas tanah lebih dari 150 meter persegi dengan dimensi 10 x 12 atau 8 x 15, rumah dua lantai ini memiliki kelas tersendiri. Dengan harga jual di atas Rp1,5 miliar, kualitas bangunan tidak perlu diragukan lagi, dan pemiliknya akan mendapatkan keamanan dan kenyamanan terbaik.

Tipe-tipe di atas penting sekali untuk diketahui agar Anda tak salah pilih sebelum membeli rumah. Saat ini beberapa rumah yang ada di townhouse atau kerap disebut premium house biasanya tersedia di tipe 36 dan 45 sehingga harganya lebih terjangkau.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *