Pusuk Buhit, Geopark Eksotis di Samosir

Belakangan ini, beberapa wisatawan lebih memilih tempat wisata Pusuk Buhit saat berwisata ke Samosir di Sumatera Utara karena terdapat berbagai pemandangan alam yang bisa dinikmati di puncaknya.

pusuk buhit

Bersama-sama mereka menikmati keindahan Danau Toba. Bukit Pusuk Buhit terletak di Pulau Samosir. Bukit ini terletak di tiga kecamatan yaitu Pengguruan, Sianjur Sebelumnya dan Harian Boho, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Pusuk Buhit adalah salah satu puncak di tepi barat Danau Toba. Puncaknya sendiri berkisar pada ketinggian 1.982 meter dari permukaan laut (mdpl). Pusuk Buhit tidak hanya melestarikan keindahannya, tetapi juga menjadi latar legenda kelahiran suku Batak.

Pusuk Buhit merupakan gunung keramat bagi orang Batak. Dalam kepercayaan mereka, Raja Batak pertama kali dibawa dari surga ke bumi oleh Mulajadi Nabolon di kaki gunung, yang dulunya bernama Desa Sianjur. Gunung Pusuk Buhit, adalah sering digunakan sebagai tempat sembahyang, penduduk lokal maupun wisatawan dari luar pulau sumatera dan manca negara juga tertarik untuk melakukan upacara ritual, namun meskipun tempatnya magis, keindahan Geopark Toba tersembunyi.

Bau mistis di puncaknya Pusuk Buhit sangat terasa, ada jeruk purut, pinang dan rokok di tongkat kayu di hampir setiap sudut.

Percaya atau tidak, selalu ada pengunjung Pusuk Buhit yang berniat “mendapat sesuatu”.

Bahkan pengunjung yang berniat “berdoa” lebih banyak daripada wisatawan yang hanya datang untuk melihat-lihat tempat wisata atau mengikuti sajian budaya Pusuk Buhit. Keindahannya sering disebut-sebut mirip dengan pemandangan alam Selandia Baru.

Selama perjalanan kamu dapat menikmati berbagai pemandangan sejarah Batak yang dipadukan dengan pemandangan keindahan alam yang menakjubkan. Disini kamu akan menemukan Aek Rangat, Pucuk View Simullop, Desa Siboro, Rumah Suaka Batak Siraja, Air Terjun Naisogop, Batu Hobon, Desa Siraja Batak Sigulatti, Pusat Geopark Kaldera Toba, Batu Sawan, Aek Sipitu Dai, objek wisata Boho.

Pusuk Buhit terletak di Pangururan, Pulau Samosir, Sumatera Utara. Untuk menuju ke sini, traveler mengambil jalan dari Desa Limbong. Perjalanan Desa Limbong ini merupakan jalan yang biasa dilalui oleh para pemudik atau warga dengan petunjuk tata cara kebaktian gereja.

Perjalanan ke Pusuk Buhit biasanya memakan waktu sekitar 35 jam dan sepanjang perjalanan kamu dapat menikmati keindahan bunga matahari di bawah bukit.

Tidak hanya itu, batu-batu yang berukuran sangat besar yang masih menjadi misteri di bukit ini akan menemani perjalanan kamu, jika beruntung akan bisa melihat indahnya panorama danau toba di beberapa tempat dan pegunungan. Mau menjelajahi Pusuk Buhit di Samosir sekarang ?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *